/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Cara Mudah Memperbaiki Aki Kering Sepeda Motor

Aki / accu mati jangan langsung dibuang coba service sendiri caranya mudah dan tidak pakai ribet, semoga tips berikut ini bisa bermanfaat, karena saat ini bisa dibilang banyak peralatan elektronik menggunakan aki kering, dari lampu emergency, lampu senter yang bisa dicas, kendaraan roda dua motor bahkan kendaraan roda empat mobil pun sudah tidak lagi menggunakan aki basah, karena katanya perawatannya lebih mudah jika dibandingkan dengan menggunakan aki basah.

Sebelum memperlajari cara memperbaikinya, alangkah baiknya sobat sekalian melengkapi beberapa peralatan yang diperlukan untuk memperbaiki aki kering tersebut.

Peralatan yang dibutuhkan, antara lain:
  1. Air AKI ZUUR. Air aki zuur, beli di bengkel motor, kalau ditanya toko buat aki baru atau buat nambah air, jawab aja buat aki baru, kalau air aki buat nambah itu sama dengan air biasa tidak ada kimia-nya (h2so4)
  2. Obeng Minus / Tespen / atau pisau kecil. Alat tersebut nantinya akan dipergunakan untuk membuka penutup (cover) bagian atas pada aki kering.
  3. Jarum Suntik Bekas / Jarum Suntik bekas isi tinta printer. Jarum suntik beserta tabungnya nantinya digunakan untuk memasukan air zhuur kedalam aki.
  4. Kain lap. Buat bersih-bersih.

Sebagai contoh berikut ini bentuk aki kering 6 volt yang masih utuh, atau cover bagian atas aki masih belum dibuka.




Aki Kering 6 Volt


Perhatikan pada gambar service aki kering sendiri diatas, terlihat bentuk fisik aki kering yang bagian atasnya masih belum di buka, nah Langkah selanjutnya, buka penutup atau cover bagian atas batre kering sobat dengan menggunakan obeng minus, atau apalah yang penting bisa kebuka, congkel dibagian sudut yang ada lobang kecil, contoh penampakan bagian cover penutup atas yang sudah di buka seperti gambar berikut:
 
Aki Kering 6 Volt Yang Sudah Dibuka Penutupnya

Langkah selanjutnya buka pula karet penutup lobang baterai, jika semua sudah terbuka kemudian isikan air aki zuur kedalam aki dengan menggunakan alat suntikan bekas isi tinta printer tadi yang sebelumnya sudah dibersihkan dan kemudian diisi dengan air zuur, isikan kesetiap lobang aki, dengan perkiraan air aki satu senti dari permukaan bagian dalam lobang (jangan terlalu penuh), langkah selanjutnya tutup kembali aki dengan penutup karet, sebisa mungkin penutup dalam keadaan ketat, atau bisa kasih lem aibon sedikit saja, untuk antisipasi agar air tidak bocor.

Nah sampai disitu anda sudah berhasil memperbaiki atau service aki kering sendiri mudahkan, untuk aki motor, pasang kembali aki keposisi semula dan nyalakan motor dengan cara menyalakan motor dengan engkol atau starter kick, bawa motor anda mutar-mutar agar aki terisi full, untuk aki kering lampu emergency pasang ke lampu dan cas, begitulah cara mudah memperbaiki aki kering.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar