/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Memperbaiki Pompa Air

Air merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi kehidupan. Apalagi di zaman sekarang, ketersediaan air makin menipis yang diakibatkan oleh berkurangnya lahan hijau.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, menimba air dari sumur sempat menjadi trend di masyarakat. Namun, dengan berkembangnya teknologi yang cukup pesat, kegiatan ini mulai ditinggalkan.

Banyak orang yang beralih dengan menggunakan mesin untuk mendapatkan air memompa air dari sumur. Karena, dengan menggunakan mesin dianggap lebih efektif, efisien, dan menghemat tenaga untuk memperoleh air.
 
Menggunakan mesin, ternyata bukan tanpa masalah. Mesin, merupakan hasil kreatifitas manusia ini tidak selamanya dapat bekerja baik. Sewaktu-waktu, mesin akan mengalami kerusakan yang mengakibatkan kita kesal karena tiadanya ketersediaan air. Ditambah lagi susahnya menghubung tukang service pompa, atau ketersediaan uang sedang menipis.

Namun anda jangan khawatir di blog ini saya akan memaparkan bagaimana memperbaiki pompa. Tentunya dengan tujuan agar kita dapat memperbaiki pompa sendiri.

Contoh Pompa Air Yang Sedang Diperbaiki

Berikut salah satu cara untuk menyelesaikan masalah diatas.

Analisis apa yang menjadi kendala pada mesin tersebut

Apakah :
  1. Mati total ?
  2. Mesin hidup tapi tidak dapat menyedot air ?
  3. Mesin hidup tapi air yang keluar kecil ?
  4. Mesin menyebabkan mcb off karena konsleting ?

Cara mengatasinya :

Jika mesin mati total,

Kemungkinan putusnya arus listrik. yang harus kita lakukan adalah mengecek aliran listik menuju pompa dengan menggunakn multi tester atau alat lain.
  1. Jika pompa otomatis ada kemungkinan otomatos tidak dapat connect. Kita harus menggantinya ataw memperbaiki stelan tekanan air yang terdapat di dalam.
  2. Rusaknya kapasitor sehingga mesin tidak hidup. Setelah mengecek aliran listrik dan hasil tes menunjukan listrik dalam keadaan baik, yang harus kita lakukan adalah mengecek kapasitor. Kerusakan kapasitor dapat kita lihat dari keadaan fisik yang yang rusak (meletup, pecah/belah). Apabila keadaan fisik masih terlihat baik kemungkinan rusak masih ada kita pun dapat mengeceknya dengan menggunakan multitester.
  3. Untuk tahap selanjutnya tidak dapat di kerjakan oleh sembarang orang (harus orang yang paham) yaitu tahap dimana mesin mengalami kerusakan parah (gulungan mesin/dinamo terbakar atau kawat kumparan putus dan terjadi konsleting pada kumparan) biasanya ditandai dengan bau terbakar. Jika tidak kita dapat mengecek kabel-kabel yang terhubung ke kumparan dengan menggunakan multitester.

Jika mesin hidup tapi tidak dapat memompa air
  1. Kemungkinan tejadi kebocoran pada pipa hisap sehingga penghisapan pompa tidak maksimal. Yang harus kita lakukan adalah mencari kebocoran tersebut dan memperbaikinya atau mengganti dengan pipa baru.
  2. Kemungkian kebocoran pada water seal pompa, yang harus kita lakukan adalah menggantinya. Caranya, pertama kita buka tutup belakang pada rumah pompa. Membuka impeller dan mengganti seal. Lalu memasangnya kembali seperti semula. Untu mengetahui apakah water seal bekerja baik atau tidak kita dapat mengetes hisapan pmopa dengan cara menutup lubang hisap pompa sewaktu berjalan, apabila pompa mengisap dengan kencang maka keadaan pompa stabil.

Mesin hidup tapi air keluar kecil
  1. Kemungkinan jarak hisap terlalu jauh yang harus kita lakukan mendekatkan pompa ke permukaan air sesuai dengan kapasitas hisapnya.
  2. Terjadi masalah pada klep atau saringan. Kita harus membersihkanya atau menggantinya dengan yang baru.
  3. Jika mesin jetpump kemungkinan mata zet kotor atau sudah tidak layak pakai.
  4. Kerusakan pada impeller(kipas hisap) kita dapat melihatnya dengan kasat mata biasanya impeller tipis sehingga kopresi berkurang atau gigi impeller habis. Kita harus menggantinya.

Mesin menyebabkan mcb off karena konsleting ?Hal ini disebabkan karena kumparan telah rusak parah (terjadi kosleting) kita harus menggulung ulang kumparan. Bagian ini disarankan untuk dliakukan oleh yang sudah ahli. Agar hasilnya maksimal dan tidak berbahaya (tersengat aliran listrik).

Bagaimana penjelasannya???

Semoga bermanfaat buat kalian semua. Dan Pompa Airnya bisa diperbaiki dan air mengalir tanpa halangan.
This Is The Oldest Page
Facebook CommentsShowHide

0 komentar