/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

6 Kerusakan Pada Mesin Jahit dan Cara Memperbaikinya

6 Kerusakan Pada Mesin Jahit dan Cara Memperbaikinya | memang sangat mengesalkan jika saat sedang asyik menjahit tiba-tiba hasil jahitan kita menjadi kurang bagus hanya dikarenakan mesin jahit kita yang mengalami masalah. Terlebih apabila kita baru belajar menjahit, hal-hal tersebut bisa jadi akan menjadikan minat menjahit kita yang tadinya berapi-api menjadi pudar.

Berikut akan akan sedikit saya kasih informasi mengenai 6 kerusakan yang biasa terjadi pada mesin jahit dan bagaimana cara mempebaikinya.
 
Mesin Jahit

Benang jahitan atas sering putus.

Penyebab gangguan : pertama karena benang jahit menyangkut akibat menjahit dengan arah yang salah (putaran kebalik).  Penyebab kedua memasang jarum terlalu kebawah menyebabkan ketegangan benang terlalu besar dan mudah putus. Penyebab ketiga benang terlalu kasar atau terlalu halus, tidak sesuai dengan jenis kain yang dijahit, serasikan antara benang dan kain yang dijahit, serta nomer jarumnya.
Solusi:
  1. Pastikan putaran roda mesin tidak terbalik meski hanya sebentar (beberapa putaran)
  2. Pastikan posisi jarum mesin jahit sudah tepat pada tempatnya, tidak terlalu tinggi tidak terlalu rendah.
  3. Sesuaikan nomor benang dan nomor jarum sesuai dengan kain yang dijahit.

Benang jahit bawah sering putus

Penyebab gangguan : benang bawah digulung pada spul/kumparan dengan tidak rapi, tegangan benang pada sekoci terlalu besar, atau putaran benang bawah kebalik (seharusnya putaran kumparan benang berlawanan arah jarum jam), atau sebab lain jalur benang tidak sempurna melewati rumah sekoci.
Solusi:
  1. Periksa pemasangan spul benang pada sekoci, bila benang ditarik pastikan arah putaran spul berlawanan arah jarum jam
  2. Pastikan jalur benang bawah sudah terpasang melewati rumah sekoci dengan benar

Hasil jahitan tidak kuat/ kendur.

Penyebab gangguan : karena benang atas dan bawah tidak seimbang (kencang sebelah).
Solusi:
  1. Sesuaikan tegangan benang atas menjadi seimbang dengan tegangan benang bawah
  2. Bila benang atas kendur, putar ke kanan pengatur tegangan benang atas, sampai hasil jahitan kuat dan kenceng rata.
  3. Bila benang atas terlalu kenceng, putar ke kiri pengatur tegangan benang atas, sampai hasil jahitan kuat dan kenceng rata.
  4. Hasil jahitan bisa kuat dan rata bila ketegangan benang atas dan ketegangan benang bawah seimbang, sama seretnya, pada tingkat keseretan yang pas.

Kain hasil jahitan mengerut secara merata

Penyebab gangguan : karena tegangan benang terlalu kuat.  Lazimnya disebabkan karena ada kesalahan memasang benang bawah, bisa spul terbalik atau benang tidak melewati jalan yang benar sehingga ketegangan benang bawah terlalu kuat, tetapi diimbangi dengan memutar pengatur ketegangan benang atas sampai seimbang ketegangan benangnya.  Akibatnya ketegangan benang atas dan bawah bisa seim-bang tetapi terlalu kuat ketegangan benangnya, hasil jahitan yang terlalu kuat bisa membuat kain hasil jahitan berkerut-kerut merata sepanjang jahitan.
Solusi:
  1. Periksa kembali sekoci mesin, pastikan posisi benang bawah sudah mapan tidak terlalu seret tarikannya
  2. Putar ke kiri pengatur ketegangan benang atas sampai keseimbangan ketegangan benang serasi dengan benang bawah.

Kain hasil jahitan mengerut tidak merata (kerutannya loncat-loncat)

Penyebab gangguan : karena jarum mesin jahit sudah tumpul, sudah tidak tajam lagi.  Ketika jarum jatuh disela kain yang dijahit, hasilnya jahitan normal. Tetapi ketika jarum yang tumpul tepat jatuh pada posisi benang anyaman kain, maka kain akan tertarik ikut benang tumpul, dan terjadi kerutan, karena itu kerutannya meloncat-loncat.
Solusi:
  1. Ganti jarum mesin jahit dengan yang masih tajam. Pilihjarum mesin yang berkualitas agar tajamnya lebih tahan lama.

Mesin tidak lancar dan berisik.

Penyebab gangguan : karena mesin jahit kering (kurang minyak pelumas) atau ada sisa benang-benang lepas yang tersangkut di mesin atau ada penumpukan debu dan sisa serat kain pada gigi mesin.
Solusi:
  1. Bersihkan mesin jahit dari serat-serat kain dan benang yang tertinggal diseputar gigi-gigi mesin menggunakan kuas.
  2. Beri minyak pelumas pada throat plate (penutup gigi) dengan pelumas yang berkualitas baik. (bila perlu, sebelum membersihkan mesin lepaskan dulu penutup gigi dengan melepaskan dua baut yang terpasang di penutup gigi).
  3. Beri minyak pelumas pada bagian-bagian mesin yang menimbulkan gesekan pada waktu mesin sedang berputar.

Demikianlah artikel kali ini mengenai "6 Kerusakan Pada Mesin Jahit dan Cara Memperbaikinya". Semoga bermanfaat buat kalian semua.
Facebook CommentsShowHide

25 komentar

Terima kasih info seputar kerusakan mesin jahit jadul,bila sudi kira nya,,bisa membantu sya punya mesin jahit type singger lama jadul buangeut yg yg alur nya jahitan nya maju nya dr belakang ke depan,,kondisi nya rusak di kepala sekoci bwh..gmana cara membongkar nya,,terimakasih.

Balas

Mencari mesin jahit berkualitas dengan harga murah. Kunjungi toko online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya. Regards : Fitinline..

Balas

Kalo susah banget ngejemput benang bawah kenapa ya?

Balas

Permisi ,saya mau tanya ,saya punya mesin jahit baterfly dinamonya bunyi tapi mesin nya tdk mau jalan knp ya ? ,mhn di jwb .terimakasih

Balas

Biasanya benang bawah nariknya terlalu panjang dan benangnya kalo panjang itu arahnya kebawah makanya ga bisa diambil benangnya.. bantu jawab aja

Balas

Permisi saya mau tanya, mesin jahit singer saya ketika jahit itu sepul selalu menggerundel. Akibatnya saya harus dedel dan jahit ulang. Itu kenapa ya? Mohon dijawab, terima Kasih

Balas

Permisi saya mau tanya, mesin jahit singer saya ketika jahit itu sepul selalu menggerundel. Akibatnya saya harus dedel dan jahit ulang. Itu kenapa ya? Mohon dijawab, terima Kasih

Balas

itu sekocinya mbak coba perbaiki, biasanya kurang minyak pelumas mesin

Balas

Mesin saya ni benang atas nya tidak sesuai atau tidak sama jahitan dg yg bawah,,yg atas lurus saje tp yg bawah jahitannya cantik,,gmn mohon solusinya

Balas

Mesin saya ni benang atas nya tidak sesuai atau tidak sama jahitan dg yg bawah,,yg atas lurus saje tp yg bawah jahitannya cantik,,gmn mohon solusinya

Balas

Maaf ingin bertanya, kalau jarum tersangkut dan tidak bergerak bagaimana cara mengatasinya (singer 1507), tks

Balas

maaf mau nanya, mesin jahit saya kok jarak jahitannya gak bisa diatur ya?

Balas

Asslmkum wr wbt....
Saya nk betnye mesin jahit singer model lame 8974 klu tk jalan tetibe np ye?roda tepi kanan tu de bunyi mcm sangkut

Balas

Mungkin aja benang@ cmn dibawah...diatas@ g ada benang..gmn mo dijemput....hehe

Balas

Mungkin aja benang@ cmn dibawah...diatas@ g ada benang..gmn mo dijemput....hehe

Balas

Mesin jahit saya buterfy, kenapa setiap tuk menjahit benang selalu menumpuk dkain bagian bawah, mohon bantuannya?....

Balas

Untuk benang bwah menumpuk (jubel) mungkin skocinya kotor. Segera buka baut dn bersihkan.bisa juga baut skoci terlaly kendur. Cek juga pengait benang atas jngn terlalu kendurr.

Balas

Klu benang bawah ngak ikut (nyangkut)jarum solusinya gimana gan?

Balas

Rumah spul nya dicopot dulu, insyaAllah bs gerak lagi

Balas

Maaf mau tanya kalau mesin saya saat jahit kainnya diam di tempat tdak jalan

Balas

Mau tanya, saya punya mesin jahit typical, saat ini mesinya tidak mau nyala tpi pas pake tespen semua nyala ada listrik tpi smua bagian jd teraliri listrik sampe ke baudnya jg itu knpa ya mas.

Balas

terimakaih tips yang sudah di berikan,dan ternyata mesin jahit ibu saya jadi bisa berguna lagi dan bisa di bua mengais rezeki lagi
kujngi free video dan nonton film gratis hhtps://video.codes

Balas

Saya mau tanya, saya punya mesin jahit juki, saat ini tempat buat nyepul muternya lambat sekali dan lama2 nggak muter, kira2 itu kenapa ya?

Balas