Cara Memperbaiki Dispenser Yang Tidak Panas

Cara Memperbaiki Dispenser Yang Tidak Panas | Dispenser merupakan sebuah alat dalam menampung air untuk minum dan biasanya ada 2 kran, yaitu dingin dan panas.

Jika anda mengalami kerusakan pada disepenser anda khususnya kran yang mengeluarkan air panas tidak mengeluarkan air panas, anda dapat segera memeriksa thermostatnya dispenser dengan menggunakan multitester, dan jika memang thermostatnya rusak anda dapat menggantikannya segera tapi usaha thermostatnya harus sama dengan thermostat yang rusak tersebut.

Aneka Jenis Dispenser

Langkah Perbaikan Dispenser yang Tidak Bisa Panas / Dingin

Mengapa air yang dikeluarkan tidak panas/dingin? Kerusakan semacam ini sering terjadi. Untuk pemanasnya, hal ini bisa dikarenakan elemen pemanas dalam tabung rusak, kabel rangkaian arus listrik dan peraba suhu terputus. Kerusakan ini menyebabkan air dalam tabung tidak bisa dipanaskan. Langkah perbaikan apabila hal ini terjadi adalah:
  1. Periksa keadaan sumber listriknya dengan menggunakan test pen untuk mengetahui ada tidaknya tegangan listrik. Anda juga bisa menggunakan voltmeter.
  2. Jika sumber listrik normal, periksalah tusuk kontak menggunakan ohm meter. Apabila jarum ohmmeter bergerak ke kanan menunjuk angka nol maka penghantar dan tusuk kontak bagus.
  3. Selanjutnya periksa saklar on-off dispenser. Caranya dengan melepaskan kabel di terminal saklar dan cek dengan ohmmeter.
  4. Lakukan tes peraba suhu.
  5. Periksa thermostat yang ada pada tabung pemanas dan cek elemen pemanasnya.

Sedangkan untuk pendinginnya, model dispenser seperti ini menggunakan elemen pendingin (peltier) dan kompresor. Jika tidak dingin berarti peltier putus, kipas pendinginnya mati atau rangkaian elektroniknya tidak bekerja.

Dari kerusakan tersebut bisa dilakukan pengecekan dengan menghubungkan kabel peltier / kipas pendingin dengan adaptor. Jika peltier bagus maka 1 sisi akan panas dan sisi lain dingin. Sedangkan kipas pendingin jika masih bagus maka bergerak cepat, jika putaran sudah lambat lebih baik segera diganti baru. Lalu untuk penggunaan kompresor perbaikannya seperti memperbaiki kulkas.


Baca Juga : Cara Memperbaiki Kipas Angin
 
Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak panas atau dinginnya air pada dispenser menandakan bahwa ada salah satu elemen yang terputus sehingga menghambat pemanasan atau pendinginan air pada elemen yang ada. Jika anda dapat memperbaikinya sendiri alangkah lebih baik apabila dikerjakan sendiri. Namun jika anda bukan orang yang mengerti atau memahami tentang rangkaian listrik atau hal-hal yang berhubungan dengan elektronika, sebaiknya segera bawa dispenser tersebut ke tukang servis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel