/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Cara Sederhana Memperbaiki Kulkas Satu Pintu Yang Mati

Cara Sederhana Memperbaiki Kulkas Satu Pintu Yang Mati | Cara ini bisa dilakukan oleh siapapun walaupun tanpa keahlian dalam bidang elektronika. Karena cara memperbaiki kulkas satu pintu yang mati ini tanpa melakukan teknik pengukuran yang rumit.

Cara memperbaiki kulkas satu pintu yang mati ini hanya butuh keberanian dan tekad saja.

Kulkas satu pintu yang saya punya ini umurnya sudah diatas 13 tahun. Sebagai perangkat elektronik, umur seperti itu memang sudah dikatakan sangat awet.

Kulkas satu pintu

Proses terjadinya kerusakan kulkas satu pintu ini gara-gara dianggurkan dan tidak dinyalakan dalam jangka waktu yang lama, mungkin ada kalau sekitar tujuh bulanan. Mungkin benar apa yang selama ini saya dengar, jika kulkas lama tidak dinyalakan maka bisa-bisa kulkas tersebut akan menjadi rusak.

Bagaimana cara memperbaiki jika kulkas satu pintu mati?
  • Pertama, colokkan kabel steker kulkas ke stop kontak, lihat apakah lampu kulkas sudah menyala. Jika lampu sudah menyala ini artinya aliran listrik sudah mengalir ke dalam kulkas dan tidak ada kabel listrik yang putus.
  • Kedua, coba pegang tabung kompresor kulkas yang ada dibelakang kulkas dengan alas kain. Kalau belum tahu tabung kompresor ini bentuknya seperti tabung gas elpiji 3 kg dan biasanya berwarna hitam. Rasakan apakah ada getaran dari tabung tersebut, getaran ini biasanya sangat halus sekali. Kalau tidak ada getaran berarti motor dari kompresor tersebut tidak bekerja alias mati. 
  • Ketiga, pastikan ada suara "tik" dengan interval beberapa detik suara "tik" ke "tik" berikutnya. Ini artinya overload protector masih bekerja dengan baik dan tidak ada kerusakan.
  • Keempat, lepas kabel steker kulkas dari stop kontak dan bongkar tutup yang ada disamping dan menempel di kompresor dengan melepas baut yang ada. Setelah bautnya lepas, pelan-pelan dan hati-hati tarik atau cukit tutup tersebut.
  • Kelima, lepaskan relay yang bentuknya seperti gambar di bawah ini. Melepasnya dengan cara mencukitnya dari bawah relay ke arah luar dengan obeng. Setelah lepas coba goyang-goyangkan dekat telinga, jika terdengar sesuatu di dalam relay sudah dipastikan relay tersebut rusak.
  • Keenam, bawa relay yang rusak tersebut ke toko tempat jualan alat-alat atau onderdil kulkas yang ada di kota anda. Kalau anda berada di kota Kediri, bisa mencarinya di daerah jalan Dhoho. Dari arah utara posisinya ada di kanan jalan, ada tulisan jual onderdil kulkas dan mesin cuci, maaf ngga bisa nyebutin nama tokonya ntar dikira promosi. Harganya tidak begitu mahal, saat saya menulis artikel ini saya tebus dengan uang Rp.15.000,-.
  • Ketujuh, pasang relay dengan menancapkan dua lubang yang ada dibelakang relay ke kompresor dan tekan dengan hati-hati. Usahakan pemasangan ini sudah benar-benar terpasang dengan benar, karena dari lubang tersebut akan menghubungkan relay dengan motor kompresor.
  • Kedelapan, colokkan steker kulkas ke stop kontak. Jika terdengar suara desis dari kulkas ini artinya kulkas sudah nyala dan berjalan normal. Untuk lebih meyakinkan coba pegang kompresor dengan perantara kain, rasakan ada getaran yang halus dari kompresor tersebut.

Demikianlah artikel kali ini mengenai "Cara Sederhana Memperbaiki Kulkas Satu Pintu Yang Mati". Semoga bermanfaat buat kalian semua.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar