/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Isi Ulang Freon AC Atau Nambah Isi Freon AC

apakah AC Split di rumah atau kantor anda harus selalu isi ulang freon atau tambah freon setiap berapa bulan atau tahun sekali?
 
Untuk menjawab pertanyaan ini agak ribet, namun secara garis besar jawabannya TIDAK!

Mari kita bahas mengapa AC di rumah anda tidak perlu isi ulang freon atau nambah freon setiap beberapa bulan sekali.

Pertama, prinsip kerja AC rumah sama persis dengan AC mobil. Jadi di AC rumah dan mobil ada kompressor yang kerjanya memompa gas freon ke evaporator di unit indoor kemudian akan dihembuskan angin dan angin yang keluar dari kisi-kisi AC adalah angin dingin. Nah gas Freon yang tersimpan di kompressor itu selalu berputar di putaran tertutup (Closed Loop) dari kompressor dipompa ke evaporator dan balik lagi ke kompressor. Oleh karena itu gas tidak mungkin keluar dari putaran tersebut kecuali ada kebocoran.

Pertanyaannya, apakah sejak mobil baru anda diantarkan dari showroom, kemudian 6 bulan kemudian sudah ke bengkel untuk isi ulang freon atau nambah freon? tentu saja TIDAK! Sama saja dengan AC rumah. Kalau instalasi AC-nya benar AC rumah anda TIDAK PERLU di-isi ulang freon-nya!

Contoh AC SPLIT Yang Sedang Di Isi Freon


Bagaimana dengan penguapan? Ya memang gas Freon bisa saja menguap karena terkena panas, namun rate penguapan Freon AC juga sudah dipikirkan oleh pabrik pembuat AC terutama untuk merk AC Panasonic dan AC Daikin sebagai merk AC terbaik di Indonesia bahkan di dunia agar Freon tidak perlu diisi ulang dalam kondisi pemakaian normal sampai seumur AC-nya. Yah bisa kita bilang kalau AC sudah digunakan diatas 5 tahun mungkin masih wajar bila kita isi ulang Freon AC kita, tapi kalau baru pakai dibawah 2 tahun atau bahkan belum setahun sudah harus isi ulang freon atau nambah freon, maka yang menyebabkan hal ini dapat terjadi adalah seperti dibawah ini: 
  1. Apabila pipa Freon anda sudah tertanam di tembok rumah, apartemen atau ruko anda pada saat pemasangan AC pertama kali, mungkin orang yang masang pipa pertama kali bengkokin pipanya sembarangan jadi patah atau retak dan bocor halus.
  2. Apabila anda beli AC dengan pipa-nya, bisa saja orang instalasi AC-nya masang pipanya ga bener, pas bengkokin pipa terlalu kuat jadi patah di dalem atau retak dan bocor halus. Oleh karena itu tanpa bermaksud meng-dis-kreditkan tukang pasang AC manapun, berhati-hatilah dalam memilih tempat membeli AC anda. Di Supermarket seperti Hypermart, Carefour, Electronic City, Electronic Solution dan Best Denki, mereka TIDAK memiliki teknisi pasang AC in-house. Semua tukang pasang AC mereka adalah FREELANCE, jadi kualitasnya mungkin bisa bagus, mungkin juga tidak… Berbeda dengan tempat kami. Semua teknisi kami baik untuk instalasi AC maupun service AC, semuanya adalah teknisi In-house dengan gaji bulanan, jadi hasil kerja mereka selalu kami kontrol dan mereka lebih bertanggung jawab dalam menjalankan tugas karena membawa bendera perusahaan kami. 
  3. Bisa juga kualitas pipa yang digunakan abal-abal alias ga ber-merk atau ber-merk tapi palsu.. kayak merk Hoda yang sudah terkenal mahal dan berkualitas tinggi namun palsunya beredar dimana-mana… lihat saja pembungkus pipa tembaganya biasanya ada cap merk, coba lihat dan usap-usap cap merknya… kalau baru diusap-usap sudah hilang itu pasti pipa palsu!!!! dengan kualitas yah… abal-abal pastinya. Biasanya kami menggunakan pipa merk Artic  yang terkenal berkualitas baik dengan harga standard untuk AC dengan Freon R22 atau R410A. Untuk AC dengan Freon R32 kami menggunakan pipa HODA, Tateyama ataupun Inaba Denko. Kami jamin ASLI karena kami langsung membelinya dari distributor resmi masing-masing merk!
  4. Mungkin juga di sambungan pipa ke unit outdoor kurang kencang jadi bocor halus atau malah terlalu kencang jadinya retak atau pecah. Ini bisa terjadi apabila menggunakan Flaring merk Cina yang tidak baik mutunya. Mungkin untuk pasang 50 AC pertama masih oke namun sesudahnya akan lebih mudah bocor karena alatnya sudah aus dan harus diganti.
  5. Bisa juga bila anda menggunakan jasa service AC sembarangan yang mungkin (maaf) cuman diliat dari iklan yang ditempel di pohon pinggir jalan, bisa saja pada saat mereka service AC bagian Outdoor, sambungan pipanya dikendorkan sedikit supaya Freon terbuang sedikit2 dan dalam waktu 2 atau 3 bulan AC jadi ga dingin karena Freon berkurang atau bahkan habis, jadi anda harus telepon mereka untuk datang dan meng isi ulang freon AC anda. Kami tidak bilang semua jasa service AC seperti itu, namun cobalah lebih selektif dalam memilih tempat membeli dan service AC anda.
  6. Bisa saja Evaporator unit Indoor AC anda bocor, nah kalau sudah begini saran kami, selain sementara Evaporator AC di las, anda nabung ya.. karena kalau Evap AC sudah di las tetep ga bakalan lama umurnya… paling 3 bulan uda bocor lagi.. mau di tempat yang sama atau malah bisa nambahin bocor di tempat lain… Udah persis kayak kompressor ampere-nya udah tinggi… uda ga ada obat-nya.. mending segera nabung buat beli AC baru… Jangan lupa belinya AC Panasonic atau AC Daikin atau AC Mitsubishi Electric yaaaa biar awet dan tahan lama.

Nah begitulah kira-kira jawaban dari mitos masalah AC yang PALING SERING membuat konsumen tertipu, karena tiap kali isi ulang freon atau nambah freon harga bervariasi antara 70 – 150rb rupiah tergantung pinter-pinternya si tukang AC ngomong sama anda hehehehe…. Bahkan bila AC anda menggunakan Freon R410A isi ulang Freon bisa mencapai 400 – 500 ribu Rupiah! sayang banget kan keluarin uang segitu bukan karena memang ACnya perlu di isi ulang freon nya tapi cuma karena akal-akalan tukang AC anda.

 
Semoga setelah membaca artikel kami, anda menjadi lebih mengerti dan tidak mudah ditipu oleh oknum-oknum atau toko AC yang tidak bertanggung-jawab dan hanya ingin untung tanpa memikirkan konsumen.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar