Cara Tepat Mengatasi Handphone Yang Tercebur Air

Cara Tepat Mengatasi Handphone Yang Tercebur Air | HP Tercebur atau terendam air merupakan salah satu peristiwa yang mungkin akan terjadi pada kita semua. Dan ini sudah dialami Admin sendiri. Karena kelupaan dalam memindahkan HP dari kantung celana, jadilah HP tersebut terendam bersama cucian yang lain.

Masalah ini jika tidak diantisipasi dengan tepat akan menyebabkan kerusakan yang cukup parah bahkan mati total. Agar hal buruk tersebut tidak kita alami, maka artikel ini akan sedikit membahas tentang cara tepat mengatasi HP yang tercebur ke air.

HP Tercebur Air

Keep Calm (Tetap tenang)

Saat HP jatur atau tercebur ke air, sebaiknya Anda jangan langsung panik dan tergesa gesa melakukan hal yang sebaiknya dihindari. Langkah pertama untuk mengatasi HP yang tercebur ke air adalah tetap tenang dan ambil HP tersebut dengan hati hati. Pastikan tidak ada sambungan listrik yang bisa memungkinkan Anda mengalami sengatan listrik.

Matikan HP dan buka baterai

Lepas Tutup dan baterai HP

Jika HP tercebur dalam waktu yang singkat, mungkin air tidak akan mencapai bagian dalam seperti sirkuit dan IC hardware. Cara mengatasi HP yang tercebur seperti demikian cukup dimatikan terlebih dahulu dan buka baterainya agar tidak terjadi korsleting listrik, lepaskan juga kartu SIM dan kartu memori yang terpasang. Setelah itu keringkan dengan menggunakan lap kering dan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Jika dirasa sudah cukup, maka pasang kembali HP dan coba nyalakan, apabila HP bisa beroperasi seperti biasa, maka hal tersebut sudah bisa diantisipasi, namun jika HP tidak hidup, maka ada kemungkinan terjadinya korsleting listrik di bagian sirkuit. Kalau itu terjadi, maka tindakan yang paling tepat adalah dengan membawanya ke pusat service hardware.

Rendam di dalam beras

Taruh HP Di dalam Beras

Beras adalah benda yang sangat efektif dalam menyerap cairan dan membuat benda benda lain di sekitarnya mudah kering. Agar HP yang tercebur ke air bisa dikeringkan secara alami, maka cobalah untuk merendamnya dalam beras selama kurang lebih 30 menit. Cara ini bisa menyerap air di sela sela yang tidak bisa dijangkau oleh kain lap.
 

Hindari hair dryer

Jangan Mengeringkan HP Dengan Hair Dry

Salah satu cara keliru dalam mengatasi HP yang tercebur ke air adalah penggunaan hair dryer. Walaupun maksud awalnya adalah ingin mengeringkan HP, namun cara ini sangat bahaya karena bisa merusak komponen dan sirkuit HP akibat panas yang ditimbulkan. Langkah paling baik yang bisa dicoba untuk mengeringkan adalah dengan menggunakan vacuum cleaner, karena alat ini bisa menyedot cairan atau debu tanpa memanaskan komponennya.

Demikianlah artikel kali ini admin buat. Semoga bermanfaat buat kawan - kawan TM Blog semua.

Sumber : Cara Tepat Mengatasi handdphone Tercebur Air

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel