/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Cara Memasang Otomatis Pompa Air

Cara Memasang Otomatis Pompa Air | Memasang instalasi otomatis pada mesin pompa air sangatlah perlu jika kita menggunakan penampungan air. Ini berguna agar kita tidak repot untuk menghidupkan pompa air disaat air dipenampungan kosong dan mematikan pompa air di saat penampungan sudah penuh.

Disini ada dua jenis sakelar otomatis yang dipasang pada instalasi kabel untuk sakelar otomatis pompa air listrik yaitu:
 

Sakelar pompa bertekanan

Sakelar Otomatis Pada Mesin Pompa Air

Sakelar yang dipasang pada badan mesin, yaitu sejenis sakelar yang menggunakan sistim tekanan air, sakelar akan mengalirkan listrik ke mesin pompa bila tekanan pada pipa pengeluaran kecil (keran air terbuka) dan sakelar akan memutus aliran listrik ke mesin pompa bila tekanan di dalam pipa pengeluaran air tekanannya besar (keran air tertutup), dengan kata lain mesin pompa akan menyala untuk mengalirkan air bila ada keran yang terbuka dan mesin akan mati bila keran tertutup.

Sakelar Otomatis Pompa Air Pada Penampung Air

Sakelar Otomatis Pada Yang dipasang pada Penampung Air

Sakelar otomatis yang dipasang pada bak penampungan air/tangki air/toren/tandon air, sakelar jenis ini dipasang pada bagian atas penampungan air, bila air di dalam penampungan habis maka sakelar ini akan menyalurkan listrik ke pompa air agar mengalirkan air ke penampungan air, dan bila air di penampungan sudah penuh maka secara otomatis sakelar akan mematikan mesin pompa.

Cara kerja sakelar ini didukung oleh dua buah pelampung yang diikat tali ke tuas sakelar otomatios, bila air dalam tangki kosong maka kedua pelampung akan terkena gaya gravitasi bumi sehingga akan menarik tuas sakelar ke posisi "ON" dan akan menyalakan pompa untuk mengalirkan air air ke penampungan air, bila air dalam penampungan sudah penuh maka kedua pelampung akan terangkat ke permukaan air yang mengakibatkan sakelar otomatis kembali ke posisi :OFF", selanjutnya aliran listrik menuju pompa terputus sehingga pompa air mati maka berhentilah aliran air ke penampungan.

Apapun model sakelar otomatis untuk pompa air listrik anda, cara pemasangan instalasinya tetaplah sama yaitu memutus kabel positip/fasa/api dari jalur utama instalasi listrik menuju mesin pompa air listrik.

Contoh Rangkaian Sakelar Otomatis Pada Pompa Air

untuk cara pemasangannya adalah sebagai berikut:

Rangkaian sakelar otomatis pompa air
  1. Sambungkan kabel positip pada jalur utama instalasi listrik di rumah ke salah satu terminal kabel yang ada pada sakelar otomatis.
  2. Sambungkan terminal kabel sakelar otomatis yang lainnya ke salah satu kabel mesin pompa air listrik.
  3. Sambungkan kabel negatip dari jalur utama instalasi listrik di rumah ke kabel mesin pompa yang belum disambung ke mana-mana.
  4. Bungkuslah setiap sambungan kabel yang terbuka untuk mencegah korslet atau tersentuh kulit kita.
  5. Bila dianggap perlu pasanglah kabel grounding pada badan mesin pompa dengan menyambungkan kabel grounding pada salah satu sekrup yang menempel dengan badan mesin.

Untuk sakelar otomatis yang dipasang pada badan mesin pompa yang menggunakan sistim tekanan air maka setelah memasang perkabelan sakelar yang pertama harus dilakukan sebelum pompa digunakan adalah dengan menyesuaikan stelan "per/pegas" yang ada pada sakelar caranya adalah:
  1. tutuplah semua keran air lalu bukalah salah satu keran.
  2. bila mesin pompa tidak menyala putarlah baud penyetel sampai mesin menyala lalu diamkanlah selama bebeerapa saat.
  3. bila mesin menyala dengan stabil dan air mengalir maka tutuplah kembali keran yang tadi dibuka lalu tunggu beberapa saat.
  4. bila mesin tidak berhenti putarlah baud penyetel berbalik arah dengan arah putaran sebelumnya sampai mesin pompa berhenti/mati.

Sakelar otomatis akan bekerja dengan normal selama air pada sumbernya(sumur bor/sumur gali) masih ada dan permukaan airnya menempel pada pipa paralon dan kondisi sakelar dalam keadaan prima.

Bila air dalam sumbernya kosong dan tidak ada air yang mengalir ke mesin pompa sedangkan mesin tetap hidup lama-lama mesin pompa akan panas yang menyebabkan lilitan pada motor pompa putus karena terbakar, untuk menjaga agar hal seperti itu tidak terjadi sebaiknya pada kabel yang terpasang dari jalur utama listrik menuju sakelar otomatis dipasang sebuah sakelar manual yang diletakkan pada tempat yang mudah dijangkau, jadi apabila kita akan menunggalkan rumah dalam jangka waktu yang relatip lama dengan perasaaan aman  maka tinggal menekan sakelar manual ini ke posisi "OFF".

Demikianlah artikel kali ini yang membahas "Cara Memasang Otomatis Pompa Air". Semoga bermanfaat buat kalian semua.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar